Pos Ketan Legenda 1967

Kota Batu di Malang tidak hanya terkenal dengan agrowisata apelnya, namun kota ini memiliki kuliner khas yang melegenda. Ingin tahu?

Kuliner khas kota ini terkenal dengan sebutan “pos ketan legenda 1967”. Adapun awal mula kuliner ini yaitu sebuah warung pos kopi bernama POS KETAN yang dirintis oleh Siami. Dinamakan Pos Ketan Legenda 1967 dikarenakan penjual ini eksis sejak tahun antara 1967 sampai sekarang. Sampai saat ini penjualnya masih tetap eksis, meskipun yang meneruskan usaha ini adalah putra dan menantunya. Warung yang berada di barat alun-alun kota wisata Batu ini tak berbeda dengan angkringan yang berjualan kopi dan makanan ringan lainnya. Hanya saja Pos Ketan Legenda 1967 menyediakan aneka olahan ketan sebagai kudapan pembeli saat ngopi. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke kota Batu, wajib mampir ke sini untuk menikmati makanan tradisional ini.

Seperti perputaran roda yang kadang di atas kadang pula di bawah, pos ketan ini pun pernah mengalami masa-masa sulit. Akan tetapi, kuliner ketan yang diracik dengan berbagai macam inovasi ini sekarang mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hampir setiap hari, kedai Pos Ketan Legenda 1967 yang tepatnya terletak di Jl. KH Agus Salim, Junrejo – Batu ini ramai pengunjung. Semakin malam warung ini semakin ramai, sampai banyak bangku tambahan disediakan di depan warung hingga memenuhi jalan raya di sekitarnya. Sebagaimana warung-warung tradisional lainnya, tidak dikenal konsep fast food. Para penikmat dapat nongkrong di tempat ini tanpa harus merasa risih untuk segera angkat pantat. Tidak mengherankan kalau di tempat ini ngobrol bisa menghabiskan waktu.

Pos Ketan Legenda 1967 tidak berdiri sendiri. Warung ini berdiri di antara deretan lapak-lapak yang lain termasuk warung susu segar. Minuman ini termasuk yang tidak boleh ditinggalkan ketika berkunjung ke kota Batu. Susu murni dari koperasi susu di kawasan ini terkenal luas. Kawasan Pujon, yang bertetangga dengan kota Batu, dikenal sebagai sentra peternakan sapi perah dengan koperasi susu yang pernah dikenal sebagai koperasi susu terbesar di Indonesia. Bisa dibayangkan, ketan kukus yang masih hangat ditemani susu kopi manis yang masih mengepulkan asap merupakan pilihan jajanan yang nikmat dan menyehatkan di kawasan Kota Batu yang terkenal dingin ini.

Yang menjadi daya tarik lain di kedai ini adalah keterampilan pelayannya dalam membawakan pesanan pengunjung. Para pelayan membawa gelas-gelas pesanan dengan cara ditumpuk tinggi sehingga membuat pengunjung merasa kagum. Begitu pula saat membawa piring-piring yang berisi ketan. Ia menata piring tersebut dengan apiknya di tangan seperti menggendong bayi.

Menu yang tersedia di warung Pos Ketan Legenda 1967 adalah aneka jajanan ketan kukus dengan variasi topping yang klasik, yakni Ketan Kicir, Ketan Bubuk dan Ketan Campur. Ketan Kicir adalah ketan kukus dengan topping taburan kelapa serut ditimpa sirup gula jawa. Ketan Bubuk, menggunakan topping bubuk kedelai. Sedangkan Ketan Campur adalah gabungan antara ketan kicir dan ketan bubuk. Menu ketan lainnya yaitu Ketan Susu Keju, Ketan Kacang, dan Ketan Keju Meses. Selain aneka menu ketan, juga terdapat aneka minuman seperti teh, kopi, jossua, sogem, jahe, STMJ Murni Segar, Susu dan aneka minuman lainnya. Harganya pun sangat murah, berkisar Rp 3.000-Rp 5.000. Cukup murah kan? Yuk ke Batu Malang dan mampir ke Pos Ketan Legenda 1967.

artis-pos-ketanUntuk menuju lokasi ini, aksesnya cukup mudah. Dari pusat kota Batu, arahkan kendaraan Anda menuju alun-alun kota Batu. Setelah sampai alun-alun, belok ke arah jl. KH Agus Salim atau Jl. Kartini. Warung ini terletak tepat di pinggir jalan. Ada papan nama “Pos Ketan Legenda 1967” yang cukup besar. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik angkutan umum jurusan Batu-Songgoriti jalur BS/A (Lyn A) atau jalur BS/B. Kemudian turun di Jl. KH Agus Salim.

Pos Ketan Legenda 1967 buka setiap hari mulai pukul 15.00–03.00 dan untuk lesehan/cangkrukan buka mulai pukul 22.00 WIB. Oya, di dinding warung ini Anda dapat melihat foto artis/orang-orang yang cukup terkenal di televisi yang pernah mampir ke kedai ini.

Leave a Comment